Penilaian Kurikulum 2013 SMK

Dalam kurikulum 2013, sebagaimana diatur dalam permendikbud no. 66 tahun 2013 dan dijabarkan dalam permendikbud no. 81A tahun 2013, ada perubahan yang harus dilakukan oleh guru dalam  metode penilaian terhadap peserta didiknya. Perubahan-perubahan tersebut dalam pemahaman saya sebagai penulis yang juga merupakan seorang guru (bukan guru inti ataupun sasaran), secara sederhana dapat di jabarkan sebagai berikut:

1. Guru menggunakan metode penilaian autentik sebagai pasangan dari penggunaan metode scientifik dalam proses pembelajaran.

2. Nilai untuk setiap peserta didik harus memunculkan 3 komponen yaitu nilai pengetahuan, nilai keterampilan, dan nilai sikap

3. Penilaian Pengetahuan digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar/materi pokok dari kompetensi inti ke-3 (KLIK disini untuk memahami lebih lanjut mengenai teknik dan instrumen penilaian pengetahuan)

4. Penilaian Keterampilan digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar/materi pokok dari kompetensi inti ke-4 (KLIK disini untuk memahami lebih lanjut mengenai teknik dan instrumen penilaian keterampilan)

5. Penilaian Sikap digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar/materi pokok dari kompetensi inti ke-1 dan ke-2 (KLIK disini untuk memahami lebih lanjut mengenai teknik dan instrumen penilaian sikap)

6. Penilaian menggunakan sistem skor dengan skala 1 s.d 4  yang nantinya dikonversikan menjadi predikat dan juga dilengkapi dengan deskripsi predikat (KLIK disini untuk memahami lebih lanjut tentang Sistem Skoring)

………. (bersambung)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s